15 Juli 2009

Google Earth

a. Google
Google merupakan suatu mesin pencari, yang mempunyai misi untuk memberikan pencarian terbaik di internet dengan mewujudkan informasi dunia yang mudah diakses dan bermanfaat. Google didirikan oleh dua mahasiswa dari Stanford University, yaitu Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1998. Google berasal dari kata Googol yang dipakai oleh Milton Sirotta, keponakan


ahli matematika Amerika, Edward Kasner, untuk menyebutkan angka 1 dan mempunyai 100 angka nol dibelakangnya. Google memakai kata ini untuk menyatakan misi perusahaan mengorganisasi sedemikian banyak informasi yang tersedia di Internet .

b. Google Earth
Google Earth adalah aplikasi pemetaan interaktif yang memberikan kesempatan pada para penggunanya untuk menjelajahi atau ”terbang” ke seluruh dunia, mengamati gambar dari satelit yang menampakkan sketsa dari jalan, bangunan, keadaan geografis, dan data spesifik mengenai lokasi atau tempat tertentu dengan resolusi yang cukup tinggi. Menurut Yeyep Yoesman (2008:5), Resolusi pada setiap daerah berbeda, namun kebanyakan daratan tersedia dengan resolusi 15 meter. Hal tersebut juga banyak ditemui dalam artikel-artikel yang dapat diunduh di internet. Para pengguna juga bisa menambahkan titik ketertarikan mereka dan membaginya dengan yang lain, chart routes, plot areas, perhitungan jarak, dan menampilkan gambar yang berbeda diatas aplikasi. Google Earth terhubung langsung dengan internet, yang akan menyediakan data online berkaitan dengan tempat yang diinginkan. Seperti misalnya, terbang ke Soldier Field di Chicago, Google Earth menunjukkan lokasi, menghubungkan ke peta online, pendapat, dan hasil dari pencarian untuk nama lokasi yang dituju. Untuk beberapa lokasi, Google Earth membuat gambar dan keadaan beberapa lokasi tersebut dalam format 3D, seperti pada the Grand Canyon, area-area pegunungan, dan bangunan pada daerah metropolitan.
Google Earth dapat diunduh secara gratis dari internet yang tersedia dalam empat lisensi yang berbeda, yaitu :
- Goole Earth (Gratis)
- Google Earth Plus
- Google Earth Pro
- Google Earth Enterprise

c. Google Earth (Gratis)
Sesuai dengan namanya versi Google Earth (gratis) dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Hanya dengan Google Earth ini saja dapat dilakukan berbagai hal seperti mengetahui informasi bidang tanah yang lengkap, terintegrasi, dengan keakuratan tertentu dan mudah diakses, serta mampu untuk melakukan tumpang tindih (overlay) peta. Menurut Yoesman Yeyep (2008:94), Google Earth menggunakan ellipsoid referensi World Geodetic System (WGS 1984), hal ini sesuai dengan ellipsoid referensi yang digunakan oleh BPN RI. Google Earth memungkinkan pengguna untuk menambahkan sendiri suatu peta raster, vector dan informasi secara menumpuk dibagian atasnya. Aplikasi pengukuran jarak, digitasi on screen, import data text koordinat, memungkinkan pengguna melakukan penghitungan jarak dan luas antar titik secara cepat. Dalam upaya pemetaan bidang tanah yang lebih cepat, lengkap, terintegrasi dan akurat maka Google Earth dapat dijadikan sebagai salah satu aplikasi alternatif yang dapat membantu kegiatan pendaftaran tanah khususnya pemetaan bidang-bidang tanah.

d. Spesifikasi Google Earth
Sistem dan Proyeksi Koordinat
1) Sistem koordinat internal Google Earth merupakan koordinat geografi dalam bentuk tunggal Sistem Geodetik Dunia tahun 1984 (WGS84).
2) Google Earth menampilkan dunia seperti dilihat dari pesawat atau satelit yang mengorbit. Proyeksi ini diguakan untuk memperoleh efek yang disebut Perspektif Umum. Ini mirip dengan proyeksi Ortografi, kecuali titik perspektifnya merupakan jarak terbatas (dekat bumi) daripada jarak tidak terbatas (luar angkasa).
Resolusi dasar
1) Amerika Serikat: 15 m (beberapa negara bagian 1 m atau lebih baik)
2) Andorra, Belanda, Britania Raya, Denmark, Jerman, Liechtenstein, Luksemburg,San Marino, Swiss, Vatikan: 1 m atau lebih baik
3) Seluruh dunia termasuk Indonesia : Umumnya 15 m (beberapa area, seperti Antartika, resolusinya sangat rendah), tetapi ini tergantung pada kualitas satelit/fotografi udara yang diunggah.
Resolusi tinggi
1) Amerika Serikat: 1 m, 0.6 m, 0.3 m, 0.15 m (sangat jarang, contohnya Cambridge dan Google Campus, atau Glendale)
2) Eropa: 0.3 m, 0.15 m (contohnya Berlin, Hamburg, Zürich)
Resolusi ketinggian
1) Permukaan: bervariasi menurut negara
2) Dasar laut: Tidak tersedia (sebuah skala warna memperkirakan kedalaman dasar laut "diperlihatkan" pada permukaan).
3) Umur: Gambar kadang-kadang kurang dari 3 tahun. Tanggal selanjutnya untuk informasi hak cipta sering dirujuk sebagai tanggal dimana gambar diambil, tetapi praktik ini tidak benar.
Konfigurasi komputer :
1) Pentium 3, 500 MHz
2) 128 MB RAM
3) ruang kosong 400 MB
4) Kecepatan internet: 128 kb/detik
5) Kartu grafis 3D 16MB
6) Resolusi 1024x768, Warna 16-bit
7) Windows XP atau Windows 2000 (bukan Windows Me), Linux, Mac OS X

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

aku hanya ingin tahu dan sadar agar selalu diingat siapa aku!!!